Hakim PA Wamena Pimpin Briefing Rutin, Tekankan Kekompakan dan Penyelesaian Laporan Bulanan
WAMENA - Pengadilan Agama (PA) Wamena menggelar briefing rutin Senin pagi yang dipimpin langsung oleh Hakim YM. Firdauska Darya Satria, S.Sy., pada 8 September 2025. Kegiatan yang berlangsung di Area Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) ini dihadiri sembilan peserta terdiri dari seluruh CPNS dan PPPK tanpa terkecuali.
Briefing yang dimulai pukul 08.20 WITA setelah selesai apel ini merupakan agenda rutin setiap hari Senin sebagai sarana motivasi, edukasi, evaluasi, dan monitoring kinerja pegawai. Dalam amanatnya, Hakim PA Wamena menyampaikan empat poin penting kepada seluruh peserta.
"Pertama, kita berdoa bersama untuk kesehatan dan keselamatan dalam bekerja serta saling memberikan motivasi," ujar Firdauska dalam sambutannya.
Poin kedua yang ditekankan adalah pentingnya menjaga kekompakan, kebersamaan, dan kekeluargaan di lingkungan kerja PA Wamena. Hal ini dinilai krusial untuk menciptakan iklim kerja yang kondusif dan produktif.
Selain itu, briefing juga menjadi forum untuk membahas berbagai kendala yang dihadapi petugas layanan PTSP. "Dari permasalahan yang ada, kita harus bisa mencari jalan keluar dan solusi terbaik bersama-sama," tegas pembina briefing.
Yang tak kalah penting, Firdauska mengingatkan pentingnya penyelesaian laporan bulanan yang masih tertunda. Dengan tegas, ia menetapkan deadline penyelesaian pada hari yang sama. "Laporan bulanan yang belum selesai harus segera diselesaikan, dan deadline-nya adalah hari ini," tegasnya.
Kegiatan briefing Senin pagi ini mencerminkan komitmen PA Wamena dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat melalui pembinaan berkelanjutan kepada seluruh pegawai. Dengan evaluasi rutin dan motivasi yang konsisten, diharapkan pelayanan publik di bidang peradilan agama dapat terus mengalami peningkatan.
Program briefing rutin ini juga menjadi wujud implementasi reformasi birokrasi di lingkungan peradilan agama, khususnya dalam aspek peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan optimalisasi kinerja pelayanan publik.
Penulis: Fakih Zaukul Hanif